Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Web Interface Prototype Berdasarkan pada Aspek Usability (Studi Kasus : Laboratorium Ergonomi dan Perancanagn Sistem Kerja TI ITS)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Web Interface Prototype Berdasarkan pada Aspek Usability (Studi Kasus : Laboratorium Ergonomi dan Perancanagn Sistem Kerja TI ITS)
Edition
Call Number 2009/II/03
ISBN/ISSN
Author(s) Dimaz Harendra
Subject(s) PRODUCT DESIGN
Usability
Classification 658.575 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Usability seringkali dikatakan sebagai suatu nilai penerimaan (acceptance) seseorang terhadap suatu produk atau sistem berdasarkan pemahaman dan ketepatan aksi / reaksi seseorang terhadap sebuah antarmuka / interface. Dan website atau biasa disebut dengan web saja, performansinya sangat dipengaruhi oleh baik tidaknya antarmuka / interface web tersebut untuk mendukung informasi yang ingin disampaikan. Untuk dapat menciptakan suatu web dengan interface yang baik, diperlukan dasar usability dalam proses pendesainannya. Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja (E & PSK) Teknik Industri ITS memiliki kegiatan yang cukup padat, yang secara langsung akan membuat interaksi yang dilakukan oleh pihak Laboratorium dengan user mereka akan semakin banyak juga. Maka diperlukan sebuah media penyampaian informasi yang mudah dan cepat bagi Laboratorium E & PSK yaitu melalui suatu web. Oleh karena itu, penelitian yang akan dilakukan adalah perancangan interface prototype web Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja dengan menggunakan aspek Usability sebagai dasar dalam pendesainan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuisioner dan menggunakan dasar visual display pula. Dan hasil perancangan memberikan nilai usability yang lebih baik, yaitu meningkatnya nilai usability masing – masing atribut yang diberikan dalam kuisioner. Kemudahan web untuk diakses nama dosen, kemudahan form login untuk dijangkau, kemampuan web untuk dikenali, dan kemudahan forum untuk ditemukan, mengalami peningkatan nilai usability dengan masing – masing nilai 1.79 , 1.03 , 0.84 , dan 0.8. Secara umum, web yang telah dirancang mengalami perbaikan pada bagian Letak form login, desain kolom, font / huruf, dan desain warna. Kata Kunci : Perancangan Produk , Usability , Interface Web.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc;Adhitya Sudiarno, ST. MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous