Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Ergonomi Mengenai Evaluasi Terapi Musik Bagi Perkembangan Kognitif Anak Autis
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Ergonomi Mengenai Evaluasi Terapi Musik Bagi Perkembangan Kognitif Anak Autis
Edition
Call Number 2010/II/07
ISBN/ISSN
Author(s) Apriani Nur Aulia
Subject(s) Autisme
Cognitive Ergonomics, Music Theraphy
Classification 620.82
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Istilah autisme sudah cukup sering diperbincangkan di berbagai media, mengingat jumlah penderitanya yang semakin meningkat tiap tahun di berbagai negara di dunia. Autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu jenis masalah neurologis yang mempengaruhi pikiran, persepsi, dan perhatian. Karakteristik autisme sangat luas bahkan gejala maupun gangguan yang ditunjukkan antara anak autis satu dengan yang lainnya terkadang berbeda. Kelainan autisme dapat menghambat, memperlambat, atau mengganggu sinyal dari mata, telinga, dan organ sensori lainnya sehingga dapat mengakibatkan gangguan atau keterlambatan pada bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Gangguan pada anak autis tersebut dapat menyebabkan kesulitan dalam memfokuskan perhatian ketika proses belajar, sehingga butuh perlakuan khusus untuk membantu anak autis dalam belajar. Selama ini berbagai terapi telah dilakukan untuk mengurangi tingkat autisme. Salah satu terapi yang dilakukan adalah terapi musik walaupun penerapannya masih jarang dilakukan. Jenis musik yang lazim digunakan adalah musik klasik seperti karya Mozart, Vivaldi, Beethoven dll. Pada penelitian ini akan dilakukan pengujian apakah terapi musik mempengaruhi segi kognitif anak autis dan apakah jenis musik Murotal dapat menjadi alternatif untuk terapi musik pada anak autis. Proses pengujian ini dilakukan secara ilmiah dengan terlebih dahulu menetapakan indikator apa saja yang akan dinilai lalu menetapkan parameter penilaian (score) dan selanjutnya mendesain eksperimen. Penelitian disini mengunakan alat peraga (permainan) untuk membantu penilaian masing-masing indikator. Penilaian dilakukan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) perlakuan terapi musik. Hasil dari pre-test dan post-test dievaluasi menggunakan uji statistik Analysis of Variance (ANOVA). Hasil yang dipaparkan dari hasil penelitian ini adalah bahwa terapi memang memberikan pengaruh terhadap aspek penilaian kognitif yang dinilai untuk objek penelitian yang ditentukan. Hasil yang lain menunjukkan bahwa kedua jenis musik yang digunakan dalam eksperimen ini dapat digunakan untuk materi terapi karena keduanya tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Selain itu pada penelitian ini juga dapat diketahui letak kelemahan pada sistem kognitif anak autis kaitannya dalam proses pengolahan informasi berdasarkan model generic ergonomi kognitif. Kata kunci : autisme, ergonomi kognitif, terapi musik, Analysis of Variance.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, MSc;Adithya Sudiarno, ST, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous