Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Penukaran, Penarikan dan Penyetoran Uang Berbasis Dimensi Carter dan Metode Servqual pada Kantor Perwakilan bank Indonesia Wilayah III ( Bali dan Nusra)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Penukaran, Penarikan dan Penyetoran Uang Berbasis Dimensi Carter dan Metode Servqual pada Kantor Perwakilan bank Indonesia Wilayah III ( Bali dan Nusra)
Edition
Call Number 2013/II/94
ISBN/ISSN
Author(s) Zahra, Nyimas Farina
Subject(s) Servqual
Bank of Indonesia
Classification 658.562 Zah a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Bank Indonesia, Servqual, CARTER, importance-performance diagram, Fast & Pugh
Specific Detail Info Dalam melakukan salah satu tanggung jawabnya yaitu mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, Bank Indonesia tidak terlepas dari perannya memberikan pelayanan jasa kepada para stakeholder yang dilakukan oleh Unit Operasional Kas yang bertanggungjawab dalam proses pengedaran uang. Meskipun merupakan lembaga monopoli, pelayanan terbaik tetap harus diberikan oleh Bank Indonesia. Selanjutnya dalam penelitian ini akan dianalisis mengenai tingkat kepuasan para stakeholder Unit Operasional Kas yaitu masyarakat umum pada proses penukaran uang, yang selanjutnya disebut dengan penukar, dan bank umum pada proses penarikan dan penyetoran uang dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah III (Bali dan Nusra). Penelitian ini menggunakan metode Servqual dengan dimensi CARTER (Compliance, Availability, Reliability, Tangible, Emphaty dan Responsiveness) yang merupakan pengembangan model kualitas jasa menurut Parasuraman (1990) yang dilakukan oleh Othman dan Owen (2001). Penelitian diawali dengan pembuatan service blueprint pada ketiga proses pelayanan jasa yang diteliti, dilanjutkan dengan penyebaran dan pengolahan data kuisioner gap 1, 2, 3, 4 dan gap 5, dan penentuan importance-performance diagram. Penentuan perbaikan dilakukan dengan menggunakan analisis Fast & Pugh. Setelah dilakukan pendekatan dengan metode diatas, diketahui bahwa nilai kepuasan para stakeholder sudah baik tetapi nilai gap masih negatif. Untuk prioritas perbaikan dihasilkan konsep perbaikan SOP & kebijakan yang mengatur jalannya proses pelayanan jasa. Kata Kunci : Bank Indonesia, Servqual, CARTER, importance-performance diagram, Fast & Pugh
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Naning Aranti Wessiani,ST,MM
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous