Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin pada Angkutan Umum dengan pendekatan Lean Service (studi kasus: Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin pada Angkutan Umum dengan pendekatan Lean Service (studi kasus: Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan)
Edition
Call Number 2014/I/31
ISBN/ISSN
Author(s) Siregar, Achmad Andi Rasyid
Subject(s) Servqual
Public Service
Classification 658.562 Sir p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci: Pelayanan Publik, Lean Service, SERVQUAL, Waste
Specific Detail Info Pelayanan publik adalah sebuah industri jasa yang tidak berorientasi pada pendapatan profit. Hal ini sering kali menjadikan kualitas dari pelayanan publik kurang memuaskan bagi konsumen atau masyarakat. Hal ini juga terlihat dari data Komisi Pelayanan Publik dimana pada periode Januari-Juni 2013 terdapat 609 laporan dari masyarakat mengenai pelayanan publik. Salah satu instansi pemerintahan yang juga berkomitmen untuk memberikan pelayan publik dengan baik adalah Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan. Tetapi berdasarkan sampel pada beberapa konsumen yaitu Perusahaan Otobis ternyata pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan terutama pada pelayanan pembuatan surat izin masih kurang memuaskan. Oleh karena itu digunakan metode Lean Service untuk memperbaiki kualitas pelayanan dari Dinas Perhubungan. Dalam penelitian terlebih dahulu di definisikan mengenai perusahaan, lalu penentuan atribut kualitas jasa dan perancangan service blueprint. Kemudian dilakukan identifikasi terhadap atribut layanan kritis dengan metode SERVQUAL, setelah didapatkan atribut kritis kemudian dilakukan identifikasi mengenai waste kritis yang terjadi pada proses layanan. Dari waste kritis ini akan didapatkan akar penyebab permasalahan melalui metode RCA. Akar penyebab permasalahan ini yang nantinya akan digunakan untuk merancang alternatif perbaikan. Dari alternatif perbaikan ini didapat kombinasi alternatif perbaikan dengan value tertinggi yaitu pembinaan pada konsumen (PO) dan pengadaan pelatihan bagi petugas P2T. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Lean Service, SERVQUAL, Waste
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous