Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Alat Tangkap Lobster i-LOCA dengan Pendekatan Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch (TRIZ) dan Business Model Canvas (BMC) (Studi Kasus: Komunitas Nelayan Gresik dan Lamongan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Alat Tangkap Lobster i-LOCA dengan Pendekatan Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch (TRIZ) dan Business Model Canvas (BMC) (Studi Kasus: Komunitas Nelayan Gresik dan Lamongan)
Edition
Call Number 2016/II/82
ISBN/ISSN
Author(s) Nafi'ah, Roikhanatun
Subject(s) design product
Business model canvas
; Fishing Gear
Classification 658.575 2 Naf p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Academic
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Indonesia memiliki potensi sumber daya laut yang cukup melimpah, diantaranya cumi-cumi, udang, lobster, ikan, rumput laut, kepiting, mutiara, kerang, dan gurita. Dengan melihat potensi yang begitu besar tersebut, maka diperlukan upaya untuk mengeksplorasi dan mengolah sumber daya laut yang ada secara tepat. Permasalahan teknologi tangkap nelayan merupakan salah satu faktor utama penyebab lemahnya daya saing bangsa di dunia perikanan. Salah satu komoditas laut yang menjadi unggulan adalah lobster. Lobster memiliki nilai jual tinggi akan tetapi eksplorasinya masih minim karena tidak adanya alat tangkap yang spesifik. Wilayah Paciran, Lamongan dan Ujungpangkah, Gresik adalah salah satu wilayah pesisir laut Jawa dengan komoditas tangkap lobster tersebut. Pada saat musim lobster tiba, alat tangkap yang digunakan terbatas pada alat tangkap berupa bubu dan jaring yang bukan merupakan alat tangkap lobster. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian untuk mendesain alat tangkap spesifik untuk menangkap lobster yang sesuai dengan ukuran perahu kecil nelayan Paciran dan Gresik. Proses penyelesaian masalah menggunakan tahapan studi literatur dan studi lapangan. Studi literatur yang digunakan adalah perancangan produk secara keseluruhan, TRIZ dan BMC. Sementara studi lapangan dilakukan di Gresik dan Lamongan untuk mencari kebutuhan konsumen. Dalam pengumpulan data ini menggunakan wawancara, Focus Group Discussion (FGD) dan pemberian kuesioner ke nelayan. Perancangan alat tangkap lobster dilakukan dengan metode Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch (TRIZ) untuk menyelesaikan permasalahan kontradiksi yang ada dan juga dilakukan pendekatan Business Model Canvas (BMC) agar alat tangkap lobster i-LOCA (Innovative Lobster Catcher) dapat dikomersialisasikan. Selanjutnya dilakukan analisis terkait perancangan produk, pengaruh keberadaan alat, usability alat dan prospek implementasi alat. Alat yang telah dihasilkan kemudian dilakukan uji coba untuk mengetahui pengaruh hasil tangkapan nelayan. Berdasarkan permasalahan dan penyelesaian masalah yang dilakukan maka didapatkan alat tangkap lobster yang inovatif yaitu i-LOCA. i-LOCA ini memiliki alat deteksi atau penarik lobster dengan kapasitas tangkap yang optimal sehingga mampu meningkatkan pendapatan nelayan. i-LOCA ini layak untuk diimplementasikan karena memiliki tingkat efisiensi keuntungan sebesar 27% dengan B/C ratio sebesar 3,82. Dalam penelitian ini, didapatkan alat tangkap lobster spesifik yang secara prinsip telah memenuhi kriteria alat tangkap pasif dan mampu menangkap lobster secara spesifik.
Specific Detail Info alat tangkap, lobster catcher, lobster, TRIZ, Business Model Canvas
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Aditya Sudiarno, S.T., M.T
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous