Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Simulation Study of Cement Distribution Considering Stock Criticality and Shipment Die-date
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Simulation Study of Cement Distribution Considering Stock Criticality and Shipment Die-date
Edition
Call Number 2017/I/10
ISBN/ISSN
Author(s) Kantari, Lala Ayu
Subject(s) Inventory
SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Classification 658.7 Kan s
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Perkembangan infrastuktur di indonesia akan meningkatkan penjualan produk semen. Kebutuhan semen di indonesia akan meningkat dengan optimis. PT.X merupakan salah satu produsen semen terbesar di Indonesia yang memiliki dua metode untuk mengantarkan semen yaitu menggunakan transportasi laut dan transportasi darat. Penggunaan transportasi darat atau truk lebih dominan dari penggunaan transportasi laut. Oleh karena itu, optimalisasi dari truk sangat dibutuhkan karena frekuensinya yang besar.
Salah satu masalah di PT.X adalah keadaan distributor yang kekurangan stok padahal produsen memiliki stok yang cukup. Pada kondisi saat ini, pemesanan akan dilakukan oleh distributor dan produsen akan mengirimkan produk berdasarkan pada waktu tenggang yang tercepat. Selain itu, tidak ada transparansi informasi antara kedua entitas yaitu produsen dan distributor serta ketersediaan truk yang tidak bisa di prediksi karena adanya ketidakpastian dalam proses pengiriman. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengoptimalkan distribusi semen menggunakan metode Vendor Managed Inventory (VMI) yang mempertimbangkan transparansi informasi antara produsen dan distributor. Metode yang digunakan adalah dengan mensimulasikan distribusi semen menggunakan tingkat kekritisan distributor sebagai sinyal untuk melakukan pengiriman.
Dengan menggunakan metode tersebut, sistem akan meningkatkan ketersediaan produk di distributor, meningkatkan pengiriman yang tepat waktu, dengan tetap menjaga utilitas truk. Dengan penggunaan aturan pengiriman yang sama dan melakukan peningkatan jumlah truk, simulasi dapat meningkatkan ketersediaan produk, meningkatkan pengiriman yang tepat waktu, dan menurunkan utilitas truk. Skenario yang disarankan adalah scenario 7 dengan hasil fill rate 81.3%, pengiriman tepat waktu 32.5%, dan utilitas truk 31.6%. Skenario 7 menggunakan menggunakan tingkat kekritisan distributor dan total 300 truk untuk proses pengirimannya.
Specific Detail Info Simulasi ARENA, distribusi semen, tenggang waktu, tingkat kekritisan, Vendor Managed Inventory.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng, CSCP
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous