Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Kajian terhadap Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Berdasarkan Analisis Perilaku Konsumen
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Kajian terhadap Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Berdasarkan Analisis Perilaku Konsumen
Edition
Call Number 2016/43
ISBN/ISSN
Author(s) Yuliana, Suroyya
Subject(s) Logistic Regression
Consumen Behavior
Plastic Bags
Classification 658.834 2 Yul k
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Kantong plastik adalah sarana populer membawa barang saat melakukan pembelian di supermarket. Tetapi pembuangan kantong plastik dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang untuk ekosistem dan lingkungan alam. Sehingga Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar di supermarket dengan tidak memberikan kantong plastik secara gratis. Konsumen merupakan pihak yang memiliki andil besar dalam mengurangi kantong plastik dan menyelamatkan lingkungan maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik perilaku konsumen dalam membawa tas sendiri atau tidak serta harga yang sesuai, mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap konsumen dalam membawa tas atau membeli kantong plastik dan mengetahui implikasi manajerial yang harus dilakukan oleh Pemerintah terhadap kantong plastik. Proses penelitian ini dilakukan penyebaran kuisioner dan teknik wawancara langsung kepada konsumen. Metode yang digunakan Descriptive Statistic, cross tab analysis, correlation test, logistic regression. Penelitian ini mengambil obyek beberapa supermarket yang ada di Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan jumlah konsumen yang tidak membawa tas lebih banyak yaitu sebesar 79 persen dari pada yang membawa tas saat berbelanja yaitu sebanyak 21 persen, jika dilihat dari kesesuaian harga kantong plastik, konsumen yang tidak membawa tas lebih banyak memilih harga 1 kantong plastik
> Rp 2000 sebesar 34,2 persen. Berdasarkan model perilaku konsumen, niat perilaku konsumen lebih berpengaruh dibandingkan ketersediaan konsumen dalam membawa tas. Variabel yang berpengaruh signifikan terhadap niat perilaku konsumen dalam membawa tas atau tidak adalah variabel sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, kepedulian lingkungan, norma pribadi dan efikasi diri. Berdasarkan aspek demografi dan perilaku berbelanja konsumen dengan uji Chi Square dan uji wald dalam regresi logistik biner, yaitu variabel jenis kelamin (X1),Usia (X2), Pendidikan Terakhir (X5), Pengeluaran belanja di Supermarket perbulan (X8), Kepantasan harga untuk 1 kantong plastik (X11), Kesesuaian harga 1 kantong plastik (X12) dan Perilaku konsumen ketika membayar untuk kantong plastik (X14). Beberapa responden menunjukkan respon positif terhadap kebijakan kantong plastik tapi masih kurang tingkat kesadaran konsumen pada lingkungan sehingga Perlu adanya peningkatan harga untuk kantong plastik dan memberikan panduan yang jelas mengenai mekanisme pengurangan penggunaan kantong plastik bagi konsumen, pengecer, supermarket atau bahkan industri pembuat kantong plastik.
Specific Detail Info Kantong plastik, Descriptive Statistic, Cross Tab Analysis, Correlation Test, Logistic Regression.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. I Ketut Gunarta, M.T.; Erwin Widodo, S.T., M.Eng. Dr.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous