Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
"Pemodelan Simulasi Distribusi Jalur Laut PT. Petrokimia dengan Mempertimbangkan Supply And Transportation Disruption"
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title "Pemodelan Simulasi Distribusi Jalur Laut PT. Petrokimia dengan Mempertimbangkan Supply And Transportation Disruption"
Edition
Call Number 2017/II/08
ISBN/ISSN
Author(s) Kurniawati, Uly
Subject(s) Inventory Routing Problem
Disruption Management
Distribusi dengan Transportasi Laut
Classification 658.406 3 Kur p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Academic
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT Petrokimia merupakan salah satu produsen pupuk dan berperan penting dalam penyaluran dan pendistribusian pupuk nasional. Dalam pendistribusian produk pupuk ini, PT Petrokimia menggunakan jalur darat dan jalur laut. Pada kenyataannya, selama proses distribusi sangat dimungkinkan terjadi hal hal yang tidak diinginkan dan tidak terkontrol, seperti terjadinya disruption. Kebanyakan penelitian selama ini mengabaikan terjadinya disruption, padahal adanya disruption ini mampu mengakibatkan kerugian biaya, customer loss, ketidakseimbangan inventori, dan berpengaruh ke reputasi perusahaan. Penelitian ini akan berfokus pada skenario recovery dari adanya disruption sehingga mampu menjaga keseimbangan inventori di perusahaan. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan model simulasi diskrit, karena simulasi ini mampu menangani sistem yang kompleks.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa terjadinya disruption berupa supply disruption dan transportation disruption mempengaruhi keseimbangan inventori tujuan dan mempengaruhi service level perusahaan. Terjadi penurunan yang cukup signifikan dari kondisi normal mampu mencapai nilai service level sebesar 98% menjadi 72% ketika terjadi disruption. Untuk mengatasi hal tersebut, skenario yang terpilih adalah dengan menambahkan satu buah kapal dan melakukan pengadaan jetty khusus perusahaan di pelabuhan Palembang. Dengan skenario ini tingkat service level yang dihasilkan adalah sebesar 92% dengan total biaya distribusi selama satu siklus sebesar Rp 20.001.600.000.
Specific Detail Info disruption management, distribusi dengan transportasi laut, Inventory Routing Problem, simulasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nurhadi Siswanto, S.T., MSIE., Ph.D.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous