Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Aplikasi Patroli Petugas Keamanan Berbasis Android dengan Pendekatan Kansei Engineering
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Aplikasi Patroli Petugas Keamanan Berbasis Android dengan Pendekatan Kansei Engineering
Edition
Call Number 2017/II/09
ISBN/ISSN
Author(s) Ramdhani, Muhammad Hanif
Subject(s) Kansei Engineering
PRODUCT DESIGN
Cognitif Ergonomic
Classification 629.231 Ram p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes ITS merupakan perguruan tinggi negeri dengan nilai aset besar dan wilayah yang luas sehingga tidak lepas dari gangguan keamanan. SKK ITS selaku pihak yang bertanggungjawab terhadap pengamanan lingkungan di ITS memerlukan sistem kerja yang teratur dan sistematik. Penelitian sebelumnya telah memberikan rekomendasi berupa penjadwalan dan rute patroli untuk mengoptimalkan kinerja SKK ITS, namun kegiatan patroli yang dijalankan oleh SKK ITS saat ini masih memungkinkan terjadinya human error baik yang disengaja atau tidak, seperti lupa, tidak fokus, atau sengaja tidak mematuhi penugasan sehingga peningkatan kinerja yang diharapkan tidak maksimal. Oleh karena itu, manajemen perlu memperbaiki mekanisme pengawasan kinerja petugas SKK ITS agar kegiatan patroli menjadi efisien, sistematis, dan terstruktur.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi patroli bagi SKK ITS yang memiliki nilai tambah berupa fitur yang dapat mempermudah petugas melakukan kegiatan presensi, pelaporan, dan koordinasi antar petugas dengan lebih cepat. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan jaminan bagi manajemen bahwa petugas benar-benar bekerja dengan baik dan laporan yang dikirim petugas bersifat real time dan dapat langsung diperiksa. Perancangan aplikasi ini menggunakan pendekatan Kansei engineering untuk menyusun desain aplikasi yang sesuai dengan keinginan responden. Pendekatan ini dilakukan dengan cara mengumpulkan suara responden mengenai hal-hal yang diharapkan tersedia dalam sebuah aplikasi patroli petugas keamanan.
Hasil akhir dari penelitian ini berupa rancangan aplikasi patroli berbasis Android yang dijalankan sesuai dengan aturan penjadwalan, pembagian petugas, dan rute patroli yang tersedia. Aplikasi tersebut memiliki fitur identitas login, panduan penggunaan, menu untuk berkomunikasi antar petugas, rute patroli, dan menu pelaporan hasil patroli. Setiap fitur atau menu memiliki desain interface masing-masing yang dirancang dengan memperhatikan prinsip-prinsip human computer interaction untuk interface. Hasil pengujian usabilitas aplikasi dengan kuesioner berbasis System Usability Scale menghasilkan skor 66,04.
Specific Detail Info Aplikasi patroli, perancangan aplikasi mobile, Android, Kansei engineering, usabilitas.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman, S.T., M.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous