Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Kebijakan Persediaan Pupuk Dengan Pendekatan Continuous Review (S,S) System Dan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus : PT. Pupuk Indonesia (Persero))
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Kebijakan Persediaan Pupuk Dengan Pendekatan Continuous Review (S,S) System Dan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus : PT. Pupuk Indonesia (Persero))
Edition
Call Number 2017/II/10
ISBN/ISSN
Author(s) Solikhah, Afidatus
Subject(s) INVENTORY MANAGEMENT
Continuous Review (S,S)
Simulasi Monte Carlo
Classification 658.7 Sol p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT. Pupuk Indonesia (Persero) merupakan salah satu industri penghasil pupuk yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan pupuk subsidi maupun non subsidi dengan wilayah pemasaran di seluruh Indonesia. Adanya kendala dalam menentukan jumlah pupuk yang harus disimpan di dalam gudang penyangga menyebabkan terjadinya fluktuasi persediaan dalam gudang, dimana pada suatu periode tertentu jumlah persediaan yang disimpan sangat tinggi dan pada periode lain akan terjadi kekurangan persediaan. Tingginya nilai persediaan serta pentingnya tingkat service level yang diharapkan oleh perusahaan memerlukan strategi yang tepat dalam melakukan pengendalian dan pengontrolan persediaan pupuk agar dapat meminimalkan nilai persediaan yang disimpan namun dengan tingkat service level yang memadai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan sistem pengendalian continuous review (s,S) karena tidak adanya periode tertentu perusahaan untuk melakukan peninjauan ulang persediaan yang terdapat dalam gudang, serta menggunakan simulasi Monte Carlo dalam melakukan generate random data dan menemukan kombinasi (s,S) acak yang menghasilkan nilai service level dan inventory level paling optimal. Langkah awal perhitungan nilai s dan S menggunakan rumus yang diperoleh berdasarkan data historis penggunaan pupuk periode sebelumnya, dan akan disimulasikan untuk mendapatkan angka kombinasi yang optimal. Penentuan kebijakan pengendalian persediaan dengan continuous review (s,S) system dan simulasi Monte Carlo memberikan hasil berupa kombinasi angka ROP (S) dan maksimum stok (S) yang memberikan nilai persediaan sedikit dan tetap memenuhi tingkat service level yang diharapkan oleh perusahaan dibandingkan dengan kebijakan pengendalian kondisi eksisting yang menggunakan min-max ketentuan dari pemerintah.
Specific Detail Info Continuous Review, Simulasi Monte Carlo, Inventory Management
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng, Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous