Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Produksi Jamur Tiram dengan Perbaikan Layout pada usaha Budidaya Jamur Tiram "Win Jamur"
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Produksi Jamur Tiram dengan Perbaikan Layout pada usaha Budidaya Jamur Tiram "Win Jamur"
Edition
Call Number 2015/II/23
ISBN/ISSN
Author(s) Wibowo, Hendro Prasetya
Subject(s) LAYOUT
Oyster mushroom
qualitative method
improvement cost
production enhancement
Classification 338.19 Wib p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Salah satu UMKM jamur tiram yang terletak di Jawa Timur adalah UMKM ”Win Jamur” milik Bapak Dwi Winarto. UMKM ”Win Jamur” terletak di desa Turirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang dan sudah ada sejak tahun 2011. Meskipun sudah cukup lama berdiri, kondisi UMKM “Win Jamur” milik Bapak Dwi Winarto saat ini tidak berbeda jauh dibandingkan dengan awal berdirinya dahulu. Jumlah permintaan dari pelanggan (pasar lawang dan konsumen langsung) tidak pernah terpenuhi akibat dari terbatasnya kapasitas lantai produksi UMKM ”Win Jamur”. Belum adanya rencana perbaikan tata letak (layout) membuat rekomendasi untuk layout dan perhitungan jumlah tenaga kerja belum bisa dilaksanakan. Oleh karena itu perlu dilakukan perencanaan perbaikan layout dari UMKM “Win Jamur”.
Tata letak (layout) sendiri merupakan cara pengaturan fasilitas-fasilitas pabrik untuk menunjang kelancaran proses produksi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif menggunakan activity relationship chart (ARC) dan activity relationship diagram (ARD) karena tidak terlalu banyak perpindahan material dan lantai produksi tidak terlalu besar. Selain itu dilakukan pula estimasi dari biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan perbaikan layout beserta estimasi dari peningkatan produksi yang terjadi berdasarkan selisih antara waktu siklus eksisting dengan waktu siklus produksi setelah perbaikan layout yang dihitung menggunakan critical path method (CPM).
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah layout perbaikan berdasarkan hasil metode kualitatif. Kemudian terdapat hasil estimasi dari biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan rekomendasi perbaikan layout sebesar Rp23.826.300,00 dan yang terakhir adalah estimasi peningkatan produksi yaitu sebesar 36% per hari dari produksi eksisting rata-rata

Specific Detail Info jamur tiram, tata letak (layout), metode kualitatif analisa aliran bahan, biaya perbaikan, peningkatan produksi, critical path method.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Lantip Trisunarno, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous