Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Distribusi Semen dengan Moda Transportasi Darat di PT. Semen Gresik
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Distribusi Semen dengan Moda Transportasi Darat di PT. Semen Gresik
Edition
Call Number 2017/II/67
ISBN/ISSN
Author(s) Falastian, Junda Lutfi
Subject(s) Optimization
Allocation
Discrete Event Simulation
Classification 519.7 Fal p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT Semen Gresik (PTSG) yang selama ini mengelola pabrik di Tuban mendapat mandat dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. untuk mengelola pabrik baru di Rembang. Penambahan pabrik baru pada lokasi yang berbeda mengakibatkan struktur sistem distribusi harus disesuaikan agar biaya distribusi tetap minimum. Permasalahan yang dihadapi antara lain yaitu penentuan alokasi distribusi dari masing-masing pabrik dan penentuan kebutuhan armada truk untuk mendukung distribusi semen. Penentuan alokasi dan jumlah armada truk yang optimal mempertimbangkan kapasitas setiap pabrik, jenis semen, kapasitas truk, tingkat permintaan setiap jenis semen di setiap kota, waktu tempuh dari pabrik menuju gudang, dan jam-hari operasi gudang. Selain itu, khusus untuk ruas jalan utama dari dan menuju Pabrik Rembang memiliki keterbatasan kapasitas sehingga distribusi semen harus dilewatkan pada ruas jalan alternatif.
Permasalahan diselesaikan secara bertahap dengan mengembangkan suatu Model Integer Linear Programming (MILP). Tahap awal mengembangkan suatu model untuk menentukan alokasi untuk setiap pabrik. Tahap berikutnya mengembangkan model untuk menentukan jumlah truk berdasarkan alokasi distribusi yang dihasilkan pada tahap sebelumnya. Penyelesaian permasalahan tidak cukup hanya diselesaikan pada tahap perencanaan saja, namun juga harus sampai tahap operasional. Hal ini karena beberapa faktor seperti permintaan semen per hari dan atau waktu tempuh truk realisasinya tidak konstan seperti asumsi yang digunakan dalam model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dikembangkan mampu menghasilkan rencana alokasi distribusi PTSG yang dapat memaksimalkan keuntungan dan jumlah armada truk optimal yang dibutuhkan. Solusi tersebut diuji dengan menggunakan Discrete Event Simulation (DES). Selain itu juga dibuat Standard Operating Procedur (SOP) untuk kebutuhan operasional harian yang mampu menentukan tujuan gudang dengan pengecekan kekritisan inventori di gudang dalam upaya meminimasi terjadinya stockout sehingga dapat mengakibatkan penurunan market share.
Specific Detail Info Semen, Alokasi, Jumlah Truk, Model Integer Linear Programming, Discrete Event Simulation, Standard Operating Procedur
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Stefanus Eko Wiratno, S.T., M.T.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous