Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Algoritma Heuristik Tailored Network Transportation Dan Penjadwalan Truk Pada Pengiriman Material (Studi Kasus: PT. ABC)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Algoritma Heuristik Tailored Network Transportation Dan Penjadwalan Truk Pada Pengiriman Material (Studi Kasus: PT. ABC)
Edition
Call Number 2017/II/72
ISBN/ISSN
Author(s) Junior, Calvin Jhon
Subject(s) Logistic Management
Heuristic Tailored Network Transportation
Classification 658.7 Jun p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Salah satu aspek yang kritis dalam penentu daya saing perusahaan ialah sektor transportasi, hal ini dikarenakan sepertiga hingga dua pertiga biaya logistik di beberapa industri dikeluarkan untuk kegiatan transportasi. Strategi transportasi yang digunakan pada kegiatan inbound logistics tentunya akan mempengaruhi biaya transportasi dari perusahaan. Salah satu perusahaan manufaktur motor di Indonesia yang digunakan sebagai studi kasus, telah menggunakan strategi tailored network transportation (direct shipment, cross docking, milk run). Dalam Tugas Akhir ini dikembangkan algoritma heuristik tailored network transportation untuk menentukan jenis strategi transportasi yang terbaik dalam kegiatan inbound logistics. Fungsi objektif dari permasalahan tersebut ialah meminimalkan total biaya transportasi dengan mengurangi jumlah kendaraan yang dibutuhkan melalui efficient vehicle routing strategy di dalam algoritma. Algoritma yang dikembangkan terdiri dari dua bagian penting yaitu penentuan jenis jaringan transportasi, penentuan waktu keberangkatan supplier dan penjadwalan truk. Algoritma tersebut dibangun menggunakan VBA di Ms. Excel 2013 yang akan menghasilkan detail dari strategi transportasi dan rute, waktu total tiap rute, waktu keberangkatan, dan biaya yang dikeluarkan. Dari pengujian numerik didapatkan bahwa penggunaan algoritma mampu mengurangi biaya sebesar 8 % dari kondisi saat ini.

Specific Detail Info Cross docking, Heuristik, Inbound logistics, Milk Run, Penjadwalan Truk, Transportation Network
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous