Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Informasi Time-Driven Activity-Based Costing (TDABC) untuk Penentuan Harga Pokok Jasa
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Informasi Time-Driven Activity-Based Costing (TDABC) untuk Penentuan Harga Pokok Jasa
Edition
Call Number 2017/II/117
ISBN/ISSN
Author(s) Nafia, Muhammad Maulidin Zidni
Subject(s) Information System
Service Cost
Classification 657.028 5 Naf p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Dalam menjalankan proses dan aktivitas bisnisnya, setiap perusahaan berusaha untuk meraih keuntungan semaksimal mungkin, yang salah satu caranya adalah dengan menentukan harga pokok produk/jasa yang dijualnya. Harga pokok produk/jasa tersebut dapat ditentukan dengan beberapa metode, salah satunya adalah Time-Driven Activity-Based Costing (TDABC).
Metode TDABC adalah perhitungan biaya yang ditentukan berdasarkan aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam menyelesaikan suatu produk/jasa yang dikendalikan oleh satuan waktu. Namun, dalam perhitungannya, TDABC memiliki tantangan, yakni jenis data yang diolah bermacam-macam. Selain itu, proses perhitungannya juga memakan waktu dan rawan sekali terjadi kesalahan karena masih dihitung secara manual.
Melihat tantangan-tantangan tersebut, pada penelitian ini akan dibuat suatu sistem informasi TDABC yang mampu menjawab tantangan-tantangan tersebut. Sistem informasi TDABC nantinya akan diimplementasikan dalam perhitungan harga pokok jasa cleaning service dan jasa perhotelan. Hasil dari implementasi sistem informasi TDABC untuk jasa cleaning service didapatkan nilai harga pokok sebesar Rp. 46.132, sedangkan jika dihitung secara manual didapatkan nilai sebesar Rp. 46.135. Kemudian untuk jasa perhotelan didapatkan nilai harga pokok dari perhitungan dengan sistem informasi TDABC untuk layanan kamar superior tanpa sarapan, superior, deluxe, dan suite, berturut-turut sebesar Rp. 56.774,95, Rp. 65.943,19, Rp. 55.574,89, dan Rp. 60.980,00, sedangkan jika dihitung secara manual didapatkan nilai untuk masing-masing layanan kamar tersebut berturut-turut sebesar Rp. 56.774,99, Rp. 65.978,81, Rp. 55.610,55, dan Rp. 61.015,66.
Specific Detail Info Metode Time-Driven Activity-Based Costing, sistem informasi TDABC, harga pokok jasa
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dyah Santhi Dewi, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous