Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perumusan Strategi Pengembangan Sentra Alas Kaki Berbahan Kulit Berdasarkan Pengaruh Kapabilitas Ukm Dan Sumber Inovasi
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perumusan Strategi Pengembangan Sentra Alas Kaki Berbahan Kulit Berdasarkan Pengaruh Kapabilitas Ukm Dan Sumber Inovasi
Edition
Call Number 2017/01
ISBN/ISSN
Author(s) Fitriani, Risma
Subject(s) STRATEGIC MANAGEMENT
Regional Innovation System
UKM
Classification 658.401 Fit p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu unsur penting dalam perekonomian suatu negara ataupun daerah, termasuk di Indonesia. Nilai kontribusi UKM terhadap PDRB sebesar 7,7% pada tahun 2015, sehingga pemerintah sedang mengupayakan banyak aternatif untuk mendorong produktivitas UKM di Indonesia. Produktivitas sendiri dipengaruhi banyak hal, di antaranya kapabilitas UKM dan sumber inovasi yang berperan di dalamnya.
Penelitian ini merumuskan strategi berdasarkan pengaruh kapabiltas UKM dan sumber inovasi yang secara simultan berpengaruh terhadap produktivitas. Pertama dilakukan analisis pengaruh menggunakan structural equation models (SEM), dan dari hasil tersebut diperoleh hipotesis hubungan variabel yang signifikan. Setelah di peroleh hasil yang dianggap signifikan, maka proses berikutnya adalah mengklasifikasikan indikator berdasarkan perumusan SWOT, yang kemudian diberikan bobot berdasarkan hasil pengujian per konstruk. Lalu diikuti dengan memasukkan nilai kepentingan dari tiap startegi yang sudah di verifikasi oleh narasumber dari Badan Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) yang bertanggungjawab mengontrol seluruh sentra UKM alas kaki berbahan kulit. Hasil tersebut di masukkan ke dalam matriks representasi dan matriks permanen dimana matriks permanen menghasilkan nilai tunggal yang menentukan skala prioritas berdasarkan nilai matriks permanen dari beberapa alternatif rumusan strategi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat alternatif strategi yaitu strategi yang dirumuskan berdasarkan kekuatan dan peluang (SO), berdasarkan kekuatan dan ancaman (ST), berdasarkan kelemahan dan peluang (WO), dan yang terakhir berdasarkan kelemahan dan ancaman (WT). setelah dilakukan analisis pengaruh dan penentuan prioritas berdasarkan bobot dan tingkat kepentingan, maka strategi WT terpilih menjadi prioritas utama, dimana hal ini menunjukkan bahwa sentra UKM alas kaki berbahan kulit di Cibaduyut harus berfokus pada strategi pengembangan dengan mempertimbangkan kekurangan yang dimiliki untuk menghadapi ancaman yang ada.
Specific Detail Info strategi, sumber inovasi, SEM, SWOT, GTMA
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. Moses L. Singgih, MSc, MRegSc, PhD, IPU; Dr. Ir. Bambang Syairudin, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous