Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Pengaruh Customer Review Dan Emotional Design Terhadap Customer Intention Untuk Melakukan Repeat Purchase Pada OnlineSTORE
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Pengaruh Customer Review Dan Emotional Design Terhadap Customer Intention Untuk Melakukan Repeat Purchase Pada OnlineSTORE
Edition
Call Number 2017/15
ISBN/ISSN
Author(s) Saputra, Hendra
Subject(s) design product
Cognitif Ergonomic
Classification 620.820 83 Sap p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2014 dimana terdapat peningkatan sebanyak 88,1 juta dari 16 juta pengguna. Hal ini juga terlihat dari survei yang dilakukan oleh APJII yang menunjukkan bahwa penggunaan internet telah mencapai 34,9% dari total penduduk di Indonesia. Kondisi ini menyebabkan pergeseran tren dari perdagangan konvensional ke dalam perdagangan online dan berdasarkan prediksi pada tahun 2020 jumlah konsumen online akan terus meningkat secara signifikan di Indonesia. Kondisi ini juga tidak hanya memberi peluang besar dalam berbisnis tetapi juga untuk penelitian akademis.
Untuk mendapatkan pembelian secara online, masyarakat Indonesia dapat dengan mudah mengakses berbagai Online Store baik yang disediakan oleh pelaku bisnis dalam negeri maupun luar negeri. Berdasarkan pada penelitian terdahulu Emotional Design pada Online Store memilki efek positif pada kepercayaan customer yang mana efek ini menyebabkan tumbuhnya Customer Intention dalam melakukan pembelian. Selain itu online customer review juga memiliki efek positif terhadap Customer intention, dimana online customer review diketahui sebagai electronic word of mouth (eWOM) yang ditulis oleh konsumen berdasarkan pengalaman pembelian konsumen sebelumnya. Penelitian ini menawarkan pengembangan model pengaruh Customer Review dan Emotional Design terhadap Customer Intention untuk dapat melakukan Repeat Purchase pada Online Store dengan menggunakan metode SEM (Structutural Equation Model). Tujuan dari pengembangan model ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing indikator Emotional Design dan Customer Review terhadap Repeat Purchase. Alat yang dipergunakan pada penelitian ini dalam pengumpulan datanya adalah kuesioner online. Kuesioner online tersebut didistribusikan secara acak dan diisi secara sukarela melalui google link forms. Dari 187 responden hanya 162 responden yang telah melakukan pembelian pada Online Store dan mengerti tentang apa itu Customer Review. Pengolahan data diproses melalui software SPSS19 dan AMOS22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwaan Customer Review dimana indikator berupa testimony review (CR3) memiliki efek yang sangat signifikan terhadap repeat purchase dan Emotional Design yang indikatornya berupa tampilan yang menarik (PV1) menunjukkan dampak yang signifikan terhadap Repeat Purchase.
Specific Detail Info customer intention, emotional design, online store, online customer reviews, , repeat purchase, structural equation modeling.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Adithya Sudiarno, S.T., M.T.; Dyah Santhi Dewi, S.T., M.Eng.Sc. Ph.D.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous