Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
PENERAPAN FIVE FACTOR MODEL (FFM) DAN TECHNIQUE FOR ODER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) PADA PEMILIHAN TENAGA KERJA. (STUDI KASUS : PT X)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title PENERAPAN FIVE FACTOR MODEL (FFM) DAN TECHNIQUE FOR ODER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) PADA PEMILIHAN TENAGA KERJA. (STUDI KASUS : PT X)
Edition
Call Number 2018/I/22
ISBN/ISSN
Author(s) Muhammad, Ganang Alif
Subject(s) Multi Criteria Decision Making
TOPSIS
Personality Assesment
Classification 658.403 Muh p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2018
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT X merupakan salah satu jenis Perusahaan Penyedia Jasa Pekerja/Buruh (PPJP/B) yang bergerak pada jasa/pelayanan. PT X mempuyai 4 layanan yaitu, security, driver, sales marketing dan parking service. 60% sumber pendapatan PT X didapatkan dari layanan sales marketing, seharusnya PT X memberikan perhatian lebih terhadap layanan sales marketing. Pada kenyataannya PT X sering tidak bisa mengirimkan tenaga kerja sales marketing sesuai waktu yang ditentukan oleh mitra perusahaaan. Hal ini dikarenakan PT X diduga kesulitan untuk merancang proses seleksi yang objektif dan cepat.
Penelitian ini mengusulkan untuk melakukan personality assesment memperbaiki proses seleksi pada PT X dari setiap aspek Five Factor Model. Metode Five Factor Model (FFM) ini digunakan untuk mengidentifikasi karakter calon tenaga kerja. 30 aspek dalam FFM dijadikan kriteria seleksi bagi PT X. Untuk mengetahui kriteria yang di inginkan PT X dilakukan pembobotan dengan metode Borda. Untuk melakukan pengambilan keputusan, dihubungkan setiap bobot kriteria dengan nilai personality assesment calon tenaga kerja dengan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS).
Usulan model ini digunakan untuk menyelesaikan dua kasus pada PT X, yaitu sales marketing properti dan sales marketing kosmetik.Dari keselurahan langkah yang sudah dilalui pada penelitian ini, rekomendasi yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah memilih calon tenaga kerja 6,8 dan 10 untuk pekerjaan sales marketing properti dan calon tenaga kerja 4 dan 5 untuk pekerjaan sales marketing kosmetik.
Specific Detail Info Borda, Five Factor Model, Personality Assesment, Seleksi, Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous