Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengaruh Budaya Organisasi dan Iklim Keselamatan terhadap Kepatuhan Peraturan Keselamatan Warehouse PT. Pertamina Lubricants
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengaruh Budaya Organisasi dan Iklim Keselamatan terhadap Kepatuhan Peraturan Keselamatan Warehouse PT. Pertamina Lubricants
Edition
Call Number 2018/01
ISBN/ISSN
Author(s) Bayutama, Gusti Wira
Subject(s) Warehouse
Organization Behaviour
Structural Equation Model (SEM)
Classification 302.3 Bay p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2018
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Warehouse (gudang) merupakan tempat untuk menyimpan berbagai macam aset perusahaan berupa raw material, barang setengah jadi (work in process), barang jadi (finished good), spare part, bahan-bahan kimia, dan lain-lain. Tempat ini dapat dikatakan sebagai salah satu elemen yang sangat vital bagi sebuah perusahaan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai keselamatan dan kesehatan kerja di pergudangan agar dapat mencegah dan mengurangi kerugian bagi perusahaan dari berbagai aspek (biaya, waktu, kepercayaan, produktivitas).
Salah satu penyebab kecelakaan kerja adalah kepatuhan pada peraturan keselamatan. Pada penelitian sebelumnya, Budaya organisasi adalah aturan kerja yang ada di organisasi yang akan menjadi pegangan dari sumber daya manusia dalam menjalankan kewajibannya dan nilai-nilai untuk berperilaku dalam organisasi. Iklim keselamatan merupakan persepsi atas kebijakan, prosedur dan praktek yang terkait dengan keselamatan. Dalam penelitian ini, memberikan kontribusi dalam pengembangan pengaruh budaya organisasi dan iklim keselamatan terhadap kepatuhan peraturan keselamatan di warehouse dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) yang merupakan teknik analisis multivariat yang dikembangkan guna menutupi keterbatasan yang dimiliki oleh model-model analisis sebelumnya yang telah digunakan secara luas .
Dari penelitian ini dihasilkan bahwa Iklim Keselamatan dengan Budaya Organisasi. Nilai Standarized estimates adalah 0,639 (p < 0.01). Iklim Keselamatan dengan Kepatuhan Peraturan Keselamatan. Nilai Standarized estimates yang dihasilkan adalah 0,144 (p < 0.01). Budaya Organisasi dengan Kepatuhan Peraturan Keselamatan. Nilai Standarized estimates yang dihasilkan adalah 0,981 (p < 0.01) yang semua menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan. Dengan demikian, untuk meningkatkan kepatuhan peraturan keselamatan yang tinggi, diperlukan peranan managemen untuk meningkatkan peran safety committe agar kepatuhan peraturan keselamatan menjadi sesuatu yang sustainable.
Specific Detail Info Budaya organisasi, Iklim keselamatan, Kepatuhan pada Peraturan keselamatan, Structural Equation Model (SEM).
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi . M.T
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous