Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Life Cycle Value Stream Mapping (LC-VSM): Kajian Away Applicability Penerapan LC-VSM
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Life Cycle Value Stream Mapping (LC-VSM): Kajian Away Applicability Penerapan LC-VSM
Edition
Call Number 2018/05
ISBN/ISSN
Author(s) Megayanti, Windy
Subject(s) Lean Manufacturing
Sustainability Manufacturing
Life Cycle Value Stream Mapping (LC-VSM),
Classification Megayanti, Windy
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2018
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Hartini (2016) mengembangkan alat analisis keberlanjutan yang disebut dengan life cycle value stream mapping (LC-VSM). LC-VSM bertujuan untuk menganalisis kinerja keberlanjutan sepanjang siklus hidup produk. Aspek yang diukur pada LC-VSM adalah aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi pada seluruh tahap siklus hidup. Siklus hidup produk tersebut terdiri dari tahap pre manufacturing, manufacturing, distribution, use, dan end of life. Hasil output dari LC-VSM adalah peta LC-VSM dan nilai performansi sistem yang diukur dengan efisiensi pada setiap indikator.
Sejauh ini LC-VSM belum diterapkan pada perusahaan manufaktur. Oleh karena itu penelitian ini bermaksud untuk menerapkan LC-VSM pada beberapa perusahaan manufaktur di Indonesia yang menggunakan strategi reverse logistic. Perusahaan yang menjadi obyek penelitian adalah perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) galon PT X yang tergolong perusahaan industri kecil (tenaga kerja kurang dari 20 orang), AMDK galon PT Y yang tergolong perusahaan industri sedang (tenaga kerja 20 hingga 100 orang), dan perusahaan aki PT Z yang tergolong perusahaan besar (tenaga kerja lebih dari 100 orang). Penerapan LC-VSM pada ketiga perusahaan bertujuan untuk mengetahui applicability dari metode metodologi LC-VSM ketika diterapkan langsung pada perusahaan. Hal ini disebabkan oleh LC-VSM merupakan sebuah metode yang terdiri dari serangkaian metodologi. Pengukuran applicability pada metode dan metodologi LC-VSM dilakukan dengan dua cara yaitu dengan melakukan pengamatan ketika diterapkan dan dengan menyebarkan kuisioner applicability kepada para expert. Para expert dievaluasi berdasarkan tingkat konsistensi dan diskriminasi dalam menilai suatu kriteria dengan menggunakan expertise based ranking of experts. Hasil pengukuran applicability didapatkan bahwa metode LC-VSM applicable untuk digunakan, karena metode ini memiliki kepuasan pengguna dan kemanfaat yang tinggi. Namun metodologi LC-VSM memiliki kekurangan seperti sulit untuk dipelajari dan digunakan.
Specific Detail Info Life cycle value stream mapping (LC-VSM), sustainability manufacturing, lean manufacturing, evaluasi applicability, expertise based ranking of experts
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Maria Anityasari, ST., ME., Ph.D.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous