Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Studi Kebijakan Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Di Kabupaten Bangkalan: Pendekatan Interpretative Stuctural Modeling (ISM), Analysis Cluster Dan Simple Additive Weighting (SAW)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Studi Kebijakan Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Di Kabupaten Bangkalan: Pendekatan Interpretative Stuctural Modeling (ISM), Analysis Cluster Dan Simple Additive Weighting (SAW)
Edition
Call Number 2018/25
ISBN/ISSN
Author(s) Rifa'i, Emon
Subject(s) NEW PRODUCTS-MANAGEMENT
TECHNOLOGICAL INNOVATIONS-MANAGEMENT
High Technology Industries
Classification 658.5 Rif s
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2018
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Jika ditinjau dari pendapatan per kapita, tingkat kesejahteraan Kabupaten Bangkalan, menunjukkan nilai 12256,3 (Ribu Rupiah) yang jauh dibawah rata-rata penduduk Jawa Timur dan posisi ini berada pada urutan ke 36 dari 38 Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Timur. Untuk meningkatkan daya saing wilayahnya secara signifikan, maka Kabupaten Bangkalan harus menunjukkan kemampuan dibandingkan daerah lain dalam menetapkan strategi yang tepat dengan mengoptimalkan potensi yang ada melalui penerapan penguatan sistem inovasi daerah (SIDa). Disamping hal itu, untuk menentukan keunggulan posisional daerah, maka diperlukan kerangka kebijakan yang tepat untuk membangun ekosistem inovasi dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah membuat usulan agenda prioritas Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) di Kabupaten Bangkalan dengan merestrukturisasi agenda yang sudah ada untuk mencapai tujuan penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa). Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep kerangka strategis sistem inovasi yang dibuat oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Konsep tersebut menggunakan pendekatan triple helix, dimana triple helix merupakan suatu pendekatan yang menekankan pentingnya penciptaan sinergi tiga kutub yaitu intelektual, bisnis dan pemerintah dengan tujuan untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan berbasis ilmu pengetahuan. Selain konsep diatas, penelitian ini juga menggunakan beberapa metode untuk menunjang jalannya penelitian, pertama metode interpretative structural modelling (ISM) yang digunakan untuk pemilihan indikator yang diprioritaskan, kedua, metode Clustering digunakan untuk pembentukan kelompok dari indikator yang sudah menjadi prioritas, dan yang ketiga metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menentukan potensi unggulan. Hasil usulan agenda prioritas Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dibuat untuk dijalankan guna mencapai tujuan dari penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa).
Specific Detail Info Technological Innovations-Management. New Products-Management. High Technology Industries
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous