Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Perbaikan Kualitas Layanan Rumah Sakit Menggunakan Integrasi Service Quality (Servqual) dan Quality Function Deployment (QFD) (studi kasus di Rumah Sakit Islam Jombang)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Perbaikan Kualitas Layanan Rumah Sakit Menggunakan Integrasi Service Quality (Servqual) dan Quality Function Deployment (QFD) (studi kasus di Rumah Sakit Islam Jombang)
Edition
Call Number 2005/45
ISBN/ISSN
Author(s) Uyuunul Mauidzoh
Subject(s) QFD
Service Quality
Classification 658.562
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Rumah sakit adalah merupakan suatu jasa layanan di bidang kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat. Banyak bidang pekerjaan yang harus dilakukan dalam upaya pemberian pelayanan kesehartan kepada masyarakat. Disamping itu harapan masyarakat terhadap rumah sakit sangat besar untuk perawatan kesehatannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas jasa layanan rumah sakit dengan menerapkan metode integrasi Servqual dan QFD. Pada kajian Servual ditemukan kesenjangan antara kualitas yang diterima dengan yang diharapkan konsumen. Pada rawat inap VIP/Pavilitun ditemukan 9 kesenjangan yaitu : kenyamanan ruang, kamar mandi yang bersih, kelengkapan fasilitas medis, tersedianya tempat tidur penunggu, menu yang bervariasi sesuai kebutuhan pasien, kemudahan memperoleh obat, peralatan medis yang dapat berfungsi dengan baik, adanya visite dokter yang rutin, kesediaan dokter memberikan saran. Untuk merancang perbaikan kualitas layanan, melalui pendekatan QFD ini tindakan yang diambil oleh pengelola Rumah sakit Islam Jombang dalam meningkatkan kualitas layanan RSI Jombang untuk rawat inap VIP/Paviliyun adalah : Mengatur tata ruang yang nyaman, penambahan petugas kebersihan, penambahan fasilitas medis, penambahan tempat tidur penunggu, mengatur variasi menu, membuka apotik 24 jam, mengganti peralatan medis yang rusak, menertibkan visite dokter, meminta dokter memberikan saran medis. Kata Kunci: Pelayanan Kesehatan Service Quality, Quality Function Deployment.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, MSc, Mreg.Sc;Naning Aranti Wessiani, ST., MM.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous