Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Kepuasan Konsumen dengan Menggunakan Implementasi Quality Function Deployment (QFD) (studi kasus pada Pelayanan pasien Rawat Inap di Rumah sakit Aisyah Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Kepuasan Konsumen dengan Menggunakan Implementasi Quality Function Deployment (QFD) (studi kasus pada Pelayanan pasien Rawat Inap di Rumah sakit Aisyah Surabaya)
Edition
Call Number 2005/46
ISBN/ISSN
Author(s) Karuniawati
Subject(s) CUSTOMER SATISFACTION
QFD
Classification 6588.562
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Rumah Sakit merupakan salah satu sarana yang dibutuhkan oleh masyarakat luas dimana saja tanpa memandang usia dan status sosial masyarakat. Sebagai penyedia jasa untuk kepentingan umum, Rumah Sakit dituntut untuk dapat memberikan pelayanan terbaik, diharapkan dapat selalu merespon keinginan pelanggan. Pelanggan merupakan faktor penting bagi setiap Rumah Sakit karena salah satu yang menjadi alasan keberadaan sebuah Rumah sakit adalah adanya pelanggan. Dengan demikian itu, kepuasan pelanggan harus menjadi prioritas oleh setiap Rumah Sakit. Persaingan Usaha yang semakin kompetitif dapat memberika dampak yang besar dalam hubungan antara Rumah Sakit dan Pelanggan. Sekarang ini pelanggan tidak hanya menginginkan produk atau jasa yang berkualitas tetapi juga menginginkan produk atau jasa yang memberikan nilai kepuasan yang paling tinggi. Dalam penelitian ini, digunakan metode QFD yaitu suatu alat yang digunakan untuk merancang suatu proses sebagai tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan yang fokus utamanya melibatkan pelanggan pada proses pengembangan produk sedini mungkin. Dari hasil penelitian didapatkan berdasarkan tingkat kepentingan konsumen, konsumen Rumah Sakit Aisiyah mementingkan ketersediaan air bersih, kelengkapan obat-obatan kemampuan dokter, kerapian staf medik, reputasi jam terbang dokter dan keamanan lingkungan menjadi prioritas utama. Berdasarkan kepuasannya, konsumen Rumah Sakit Aisiyah merasa puas dalam pelayanan kelengkapan obat, kelezatan makanan, kecepatan perawat serta reputasi jam terbang dokter. Sedangkan yang kurang memuaskan adalah komunikasi antara pihak Rumah Sakit dengan pelanggan, keramahan staf medik, kelancaran bel untuk memanggil perawat serta tempat parkir yang sempit. Kata Kunci: QFD, Rumah Sakit, Kepuasan Pelanggan
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE;Dr. Ir. Moses L. Singgih,MSc,Mreg.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous