Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perbaikan Kualitas Sistem Pelayanan Jasa pada Unit Jasa Umum (JUM) dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. Sucofindo (Persero))
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perbaikan Kualitas Sistem Pelayanan Jasa pada Unit Jasa Umum (JUM) dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. Sucofindo (Persero))
Edition
Call Number 2009/I/20
ISBN/ISSN
Author(s) Elmonica Simanjuntak
Subject(s) LEAN SIX SIGMA
Service Quality
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan yang memberikan jasa sertifikasi manajemen untuk perusahaan-perusahaan terutama untuk produk-produk listrik dan elektronika. Berdasarkan brainstroming dengan perusahaan dan hasil analisa Service Quality, masalah muncul ketika kebanyakan konsumen komplain terhadap kesalahan pada sertifikat yang mengakibatkan pembatalan penerbitan blanko sertifikat. Kesalahan pada sertifikat ini adalah waste menurut klasifikasi lean. Selain itu juga terdapat waste yaitu terdapat sertifikat yang tidak tepat waktu terbit sehingga kejadian ini termasuk ke dalam waiting dimana Response Time pelayanan yang melebihi waktu yang dijanjikan oleh pihak perusahaan. Hal ini menimbulkan kerugian bagi perusahaan dikarenakan mempengaruhi customer satisfaction dan juga akan mempengaruhi jumlah pelanggan PT. SUCOFINDO (Persero). Melalui pendekatan Lean, aktivitas-aktivitas non-value added dapat teridentifikasi, serta pemborosan (waste) yang terjadi dapat diminimalisasi bahkan dieliminasi. Sedangkan pendekatan Six Sigma digunakan untuk mengurangi variasi dan meningkatkan kapabilitas proses. Risk Management digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan mengevaluasi risiko yang ditimbulkan oleh waste paling kritis Pada penelitian ini digunakan pendekatan sistem dinamik sebagai dasar pemberian rekomendasi dari skenario perbaikan yang diusulkan untuk pengurangan defect.Rata-rata penurunan defect sebesar 2,4 unit dan penurunan perbandingan jumlah defect sebesar 0,05454.Sedangkan untuk waste waiting diberikan beberapa rekomendasi usulan perbaikan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Waste, Lean Six Sigma, Sistem Dinamik
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, MSc., MRegSc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous