Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Multikriteria-ANP (Analytical Network Process) untuk Pengukuran Kinerja pada Strategi Customer Relationship Management (CRM) Studi Kasus : Perusahaan Jasa Telekomunikasi
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Multikriteria-ANP (Analytical Network Process) untuk Pengukuran Kinerja pada Strategi Customer Relationship Management (CRM) Studi Kasus : Perusahaan Jasa Telekomunikasi
Edition
Call Number 2011/06
ISBN/ISSN
Author(s) Yuni Krida S
Subject(s) Analytical Network Process (ANP)
CRM-Scorecard
Performance Measurement System, MCDM
Classification 658.403
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes
Specific Detail Info Metode Analitic Network Process (ANP) digunakan untuk mendukung proses pembobotan pada sistem pengukuran kinerja berbasis CRM-Scorecard. Selama ini, pembobotan yang digunakan dalam pengukuran CRM-Scorecard menggunakan metode yang mengabaikan adanya kemungkinan hubungan keterkaitan antar faktor-faktor CRM (Kim et al, 2009). Penelitian ini diusulkan menggunakan metode MCDM (Multicriteria Decision Making)-ANP yang mengakomodasikan persepsi hubungan keterkaitan antar faktor-faktor CRM dalam proses pembobotan untuk pengukuran kinerja. Kajian tersebut diterapkan pada PT.Z,yang merupakan salah satu perusahaan jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia. Proses pembobotan hanya dilakukan pada faktor-faktor penting CRM saja, sedangkan unsur KPI digunakan sebagai dasar pengisian kuesioner sesuai dengan konsep ANP. Pemodelan pada PT.Z.didasarkan pada model strategy-map yang telah diperoleh terlebih dahulu dengan menggunakan metode DEMATEL. Terdapat adanya hubungan Feedback antara keempat perspektif CRM Scorecard yang terdiri dari; Organizational Performance(0.324), Customer(0.358), Process(0.134) dan Infrastructure (0.264). Perspektif Customer (0.358) merupakan kulminasi dari strategy-map PT.Z. Kinerja faktor-faktor CRM yang telah mencapai target memuaskan pada PT.Z mencapai 29,4%, kategori sedang sebesar 64,7% dan faktor CRM yang termasuk kategori buruk hanya mencapai 5,9%. Kata kunci: Analitic Network Process (ANP), CRM-Scorecard, Sistem pengukuran Kinerja, MCDM.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.;Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous