Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Integrasi Metode Serqual, Importance-Performance Analysis (IPA), dan PUGH dalam Peningkatan Kualitas Layanan Jasa Bus Trans Serbagita Koridor 1
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Integrasi Metode Serqual, Importance-Performance Analysis (IPA), dan PUGH dalam Peningkatan Kualitas Layanan Jasa Bus Trans Serbagita Koridor 1
Edition
Call Number 2016/II/107
ISBN/ISSN
Author(s) Narendra, Made Diksi
Subject(s) Service Quality
Importance-Performance Analysis
Classification 658.562 Nar i
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Bus Trans Sarbagita merupakan layanan angkutan umum yang mulai beroperasi sejak 18 Agustus 2011 dengan diresmikan oleh Gubernur Bali. Peluncuran angkutan umum Trans Sarbagita ini dikarenakan kemacetan yang semakin parah yang terjadi di kawasan metropolitan Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan (Sarbagita). Dalam road map (2010-2016) yang telah disusun, Trans Sarbagita rencananya akan memiliki 17 trayek dalam pengoperasiannya. Hanya saja, sampai tahun 2016 ini baru 2 rute yang telah beroperasi, yaitu koridor 1 rute Denpasar – GWK PP dan koridor 2 rute Batubulan – Nusa Dua PP. Tetapi, pertumbuhan penumpang Bus Trans Sarbagita untuk koridor 1 mengalami penurunan jumlah penumpang pada tahun 2015. Pada akhir tahun 2014, jumlah penumpang Bus Trans Sarbagita koridor 1 mencapai 323.403 orang. Sedangkan, pada tahun 2015 jumlah penumpang Bus Trans Sarbagita koridor 1 adalah 285.335. Setelah mengetahui jumlah penumpang Bus Trans Sarbagita pada koridor 1 menurun, maka dilakukan observasi lapangan untuk mengetahui penyebab permasalahan yang terjadi di lapangan. Berdasarkan hasil observasi lapangan maupun wawancara awal untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh Bus Trans Sarbagita, salah satu masalah yang dikeluhkan oleh penumpang mengarah pada kurangnya kualitas pelayanan jasa yang diberikan oleh Bus Trans Sarbagita. Oleh karena itu, digunakan metode Servqual dan IPA untuk melakukan evaluasi pelayanan jasa Trans Sarbagita untuk kemudian menggunakan metode Pugh untuk mencari konsep perbaikan yang terbaik. Pelayanan jasa Trans Sarbagita dibagi ke dalam 5 dimensi dan 22 atribut untuk dilakukan evaluasi. Dari hasil pengolahan metode Servqual dan IPA, didapatkan 7 atribut pelayanan jasa yang akan menjadi prioritas perbaikan dan diolah menggunakan metode Pugh. Hasil akhir dari metode Pugh didapatkan bahwa konsep perbaikan yang terbaik untuk diimplementasikan adalah gabungan konsep penyediaan tempat sampah di setiap bus, penjadwalan keberangkatan bus di setiap halte, penyediaan fasilitas penerima keluhan di setiap bus, dan penambahan alokasi kursi prioritas bagi penumpang berkebutuhan khusus.

Specific Detail Info Gap, Importance-Performance Analysis (IPA), Pugh, Servqual
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. Moses L. Singgih, M.Sc., Ph.D.; Dr. Ir. I Ketut Gunarta, M.T.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous