Home  /   Program Pascasarjana  /   Program Doktoral

PROGRAM DOKTOR (S3)


Program Doktor Teknik Industri ITS dirancang untuk mahasiswa yang berminat melakukan penelitian berkualitas tinggi yang menghasilkan kontribusi yang signifikan untuk bidang Teknik Industri. Salah satu syarat untuk lulus dari program doktor adalah mahasiswa harus mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal internasional terkemuka. Saat ini kami menawarkan tiga bidang utama dalam bidang Teknik industri:

  • Logistik dan Teknik Supply Chain (LSCE)
  • Kualitas dan Sistem Manufaktur (SMM)
  • Industrial Systems Optimization (ISO)

Pendaftaran
Calon siswa diharapkan untuk menunjukkan catatan akademik yang baik (IPK minimal 3,00) dan memenuhi persyaratan kemampuan bahasa Inggris (minimal TOEFL Skor 500). Penerimaan calon juga akan mengikuti ketersediaan pembimbing dan kesesuaian calon topik penelitian.

Pelaksanaan Program

Program doktor di bidang teknik industri adalah program penuh-waktu (full-time). Biasanya, kami berharap mahasiswa untuk bekerja di kantor/ruang residensi selama jam kerja. Program ini terdiri dari tahap kuliah serta tahap penelitian. Selama tahap kuliah, siswa harus menghadiri dan lulus setidaknya empat mata kuliah sambil mengerjakan proposal penelitian mereka. Mahasiswa harus mempresentasikan proposal penelitian di depan sebuah panel yang terdiri dari pembimbing dan tiga penguji. Panel yang sama juga akan memeriksa disertasi ketika selesai. Durasi normal program doktor adalah 3-4 tahun.

Wisuda
Dalam rangka untuk mendapatkan gelar doktor, mahasiswa harus menyelesaikan semua mata kuliah, mempertahankan disertasi mereka untuk memenuhi syarat dari kantor pascasarjana, serta mempublikasikan setidaknya satu makalah ilmiah dalam jurnal internasional.

Visi-Misi

Visi
Menjadi penyelenggara program studi doktor di bidang teknik industri yang terpandang di Asia.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan program doktor dengan standar kualitas yang tinggi dengan mengintegrasikan kegiatan pengajaran dan penelitian.
  2. Menciptakan iklim penelitian yang kondusif yang mampu secara produktif menghasilkan lulusan doktor berkualitas dimana hasil-hasilnya bisa dipublikasikan di forum atau publikasi internasional.
  3. Menciptakan jejaring internasional dengan penyelenggara program doktor Teknik Industri atau bidang lain yang sejenis terutama yang berada di wilayah Asia dengan senantiasa memperkuat jejaring nasional melalui serangkaian kegiatan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan doktor yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan penelitian mandiri pada bidang keilmuan Teknik Industri. Penelitian yang dimaksud adalah kegiatan limiah yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam keilmuan dan/atau praktis sehingga bisa menunjang pembangunan nasional melalui bidang pendidikan.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan/atau produk unggulan yang bermutu sehingga mampu mendukung capaian Jurusan Teknik Industri ITS dalam meningkatkan reputasi jurusan (dan program studi) baik pada tingkat nasional maupun internasional.
  3. Mendukung capaian Jurusan Teknik Industri ITS untuk berkontribusi dalam menghasilkan pemikiran atau produk yang bisa diterapkan oleh masyarakat atau industri.

  • Kurikulum Pendidikan
  • Silabus Mata Kuliah