PT Pos Promosi Program di ITS
Gedung Rektorat, ITS Online – I Ketut Mardjana, Dirut PT Pos Indonesia, dalam kunjungan di ITS menjelaskan, saat ini banyak masyarakat Indonesia yang mulai mempertanyakan eksistensi PT Pos. Pasalnya, dalam banyak hal, transaksi pengiriman barang sudah banyak dilakukan secara online sehingga tidak membutuhkan peran PT Pos lagi.
Akan tetapi, Mardjana meyakinkan bahwa perusahaannya akan terus berinovasi dalam meningkatkan kinerja pengiriman barang dan jasa. ”Saat ini kami sedang bertransformasi dari postal company menuju network company,” katanya.
Mardjana menjelaskan, transformasi menuju network company merupakan upaya PT Pos dalam menyediakan pelayanan yang lebih cepat dan berkualitas. Bila sebelumnya gerai-gerai pos terhubung secara fisik melalui kendaraan, maka mulai saat ini gerai-gerai pos akan terhubung secara online. ”Hampir semua akan terhubung secara online, kecuali yang berada jauh di pedalaman seperti di daerah perbatasan negara” terangnya.
Beberapa program yang menjadi unggulan PT Pos saat ini, antara lain adalah program e-commerce. Program e-commerce memungkinkan para pelaku ekonomi mikro di pedesaan untuk bisa memasarkan barangnya secara online. Barang-barang tersebut akan dimasukan ke dalam katalog PT Pos dan dapat dilihat oleh semua orang. ”Proses ini pun tidak membutuhkan keahlian menggunakan komputer atau semacamnya, karena mereka akan dibantu oleh petugas gerai pos,” jelas Mardjana.
Di samping itu, PT Pos kini juga sedang mengembangkan proram Pos Masuk Kampus. Program ini merupakan program kerja sama dengan universitas-universitas dalam memberikan pelayanan khusus dalam pengiriman berbagai macam dokumen. ”Kita bisa mengirimkan dokumen-dokumen seperti nilai mahasiswa atau semacamnya. Hal tersebutlah yang ingin kita kerjasamakan dengan ITS,” pungkas pria asal Bangli, Bali ini.
(sumber www.its.ac.id)